Minggu, 08 April 2012

SIKAP PROFESIONALISME SEBAGAI SEORANG GURU

Menjadi Profesional dalam setiap profesi memang tidak mudah, tetapi kita dapat belajar dari pengalaman maupun dari rekan seprofesi kita dalam melakukannya. Beberapa sikap profesional dalam menjadi seorang guru adalah :

1.     Ubah kebiasaan untuk membicarakan hal dan topik diluar areal sebagai pendidik professional. Cara ini dapat dilakukan dengan cara menghindari menggosip dalam ruang guru. Saat di ruang guru kita bisa membicarakan tentang cara-cara mengajar yang tepat dengan guru lain atau dengan meningkatkan pengetahuan dan metode pembelajaran yang bagus yang bisa dilakukan dengan membaca bacaan yang bermanfaat misalnya, bacalah maka anda akan terhindar dari pembicaraan yang sia-sia di ruang guru.  
2.     Jika anda punya rekan baru, bimbinglah dan berikan support dan dukungan untuk maju dengan cara selalu berkomentar positip untuk hal-hal yang dilakukannya. Tempatkan diri anda pada dirinya, maka anda akan menjadi rekan kerja yang supportif dan mau mengerti.
3.     Saat rapat, usahakan lah memberikan ide yang terbaik, masalahnya bukan pada diterima atau tidak, tapi sudahkah anda belajar meyakinkan orang lain bahwa ide andalah yang terbaik. Hal yang terbaik ketika meyakinkan rekan sekerja adalah dengan menggunakan data yang berupa hasil riset.
4.      Jadilah guru yang berpikiran terbuka atas ide atau pendapat orang lain, menyadari kelemahan dan kekuatan diri kita sendiri, dijamin makin hari wawasan dan kualitas diri kita sebagai guru akan bertambah.
5.    Ciptakan jaringan bagi diri sendiri yang membuat anda semakin hari berubah kearah guru yang lebih baik. Gunakan situs pertemanan seperti facebook untuk membuat jaringan pada pribadi-pribadi yang membuat anda bersemangat untuk maju. Jangan gunakan situs pertemanan untuk pelarian ketika anda mempunyai masalah dengan rekan sekerja di sekolah. Sambil berusaha sedikit demi sedikit menyelesaikan hal yang mungkin menjadi ganjalan , buktikan bahwa jika anda tidak mendapatkan support yang baik disekolah anda bisa mendapatkannya dengan bantuan teknologi.
6.     Semua guru berbeda, seperti juga terhadap siswa, sebagai rekan kita semestinya menjadikan perbedaan itu sebagai anugrah. Dengan menyadari perbedaan, pikiran kita akan lebih cepat terbuka ketika menerima kritik, masukan dan ide dari rekan sekerja. Saat yang sama kita menjadi lebih jujur mengenai kelebihan dan tidak malu mengatakan kekurangan sebagai pribadi.
7.     Jangan takut untuk dibicarakan oleh orang lain ‘dibelakang’. Terkadang sebagai guru, hanya karena takut dibicarakan orang lain dibelakang, guru menjadi malas untuk berinovasi dan melakukan sesuatu dengan cara yang kreatif dan beda. Padahal jika sebagai guru, kita yakin bahwa hal yang kita lakukan demi kebaikan siswa, untuk apa pusing mendengarkan pendapat orang lain. Mari mensucikan niat bahwa semua hal yang terbaik yang kita lakukan adalah demi mempersiapkan masa depan siswa, bukan demi karier, demi dipuji rekan, atasan dan orang tua siswa.
8.     Berusahalah untuk memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
9.     Guru adalah panutan siswa di sekolah, jadi berusahalah untuk mentaati semua peraturan yang ada di kelas, baik saat di dalam kelas, maupun diluar kelas, dan mampu mmenjaga sikapnya sebagai seorang guru di luar sekolah.
10.   Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

Demikian beberapa contoh bentuk profesionalisme dalam profesi sebagai guru. Seoga bermanfaat. Terimakasih...


By : Muhammad Agung Laksono;TI Malam;12111070;STIMIK ELRAHMA JOGJAKARTA..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More